20 Desember 2020 10:50 pm

Bedanya Kepiting Dan Rajungan

Bedanya Kepiting Dan Rajungan
Bedanya Kepiting Dan Rajungan - Hai sahabat Kili! Sahabat Kili tau gak sih cara membedakan yang mana kepiting dan yang mana rajungan? Banyak loh yang gak tau perbedaan dari kedua hewan laut yang satu ini. Memang jika dilihat sekilas keduanya terlihat mirip, tapi tetap saja keduanya berbeda. Berikut adalah perbedaan kepiting dan rajungan. Simak terus ya sahabat Kili.
1. Bentuk tubuh
Kedua hewan ini memiliki kulit yang keras. Sekilas, keduanya tampak memiliki bentuk yang sama. Padahal bentuk tubuh keduanya berbeda. Rajungan memiliki tubuh yang lebih ramping serta capit yang lebih panjang dan ramping. Sedangkan kepiting memiliki tubuh atau cangkang yang bulat dan lebih tebal. Meski tidak terlalu panjang, capit kepiting berukuran lebih besar dibandingkan dengan capit rajungan.

2. Corak tubuh
Tidak hanya bentuknya, corak kedua hewan laut ini juga berbeda loh sahabat Kili. Bagian inilah yang harus kamu perhatikan agar kamu bisa dengan mudah membedakannya. Rajungan betina memiliki warna tubuh kehijauan dengan bercak putih. Sedangkan rajungan jantan memiliki warna tubuh kebiruan dengan bercak putih lebih terang. Berbeda dengan kepiting, kepiting baik jantan maupun betina memiliki warna tubuh hijau kecokelatan.

3. Habitat
Walaupun keduanya sama-sama tinggal di laut, rajungan hanya bisa hidup di satu alam saja loh. Karena itu rajungan akan mati jika tidak disimpan dalam wadah berisi air. Berbeda dengan kepiting yang bisa hidup di air maupun darat. tapi, kepiting hanya bisa bertahan di darat selama 4-5 hari saja. Kepiting juga mudah ditemukan karena hidup di air laut tak terlalu dalam dan dekat dengan pantai. Sedangkan rajungan lebih sulit ditemukan karena hidup di perairan lebih dalam. Selain itu, kepiting juga bisa hidup di air laut maupun air tawar.

4. Rasa dan tekstur daging
Daging pada rajungan lebih sedikit dibanding daging kepiting. Ini karena bagian tubuh dan cangkang kepiting memiliki daging yang lebih tebal. Selain itu, rasa daging kepiting lebih manis dibanding daging rajungan. Tekstur daging kepiting juga lebih lembut daripada rajungan.

5. Kandungan nutrisi
Keduanya mengandung banyak protein dan beragam nutrisi. Seperti vitamin B, vitamin E, mangan, fosfor, yodium hingga zinc. Tapi, rajungan memiliki protein yang lebih banyak dibanding kepiting. Rajungan juga memiliki kolesterol yang lebih rendah dibanding kepiting. Gimana sahabat Kili? Sudah bisa membedakan yang mana kepiting dan rajungan kan? Jika kamu sedang mencari ikan-ikan segar, kamu bisa kunjungi laman website kami ya. Kami menjual berbagai jenis ikan segar. Semoga artikel ini bermanfaat ya sahabat Kili. Have a nice day!

Source : food.detik.com
Blog Post Lainnya
Media Sosial
Hubungi Kami
021-29119717
0858-8045-7475
0877-7766-0511
kilikilimart.info@gmail.com
Metode Pengiriman
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2021 Kili Kili Mart Inc.