4 November 2020 1:36 pm

Perbedaan Beras Hitam dan Ketan Hitam

Perbedaan Beras Hitam dan Ketan Hitam
Perbedaan Beras Hitam dan Ketan Hitam - Hai sahabat Kili! Pasti dari kalian udah gak asing kan dengan bubur kacang hijau? Bubur kacang hijau adalah makanan yang terbuat dari kacang hijau lalu dimasak menggunakan air dan gula aren. Bahan- bahan tersebut akan akan dimasak hingga mendidih sampai kacang hijau menjadi lunak dan tambahan santan. Biasanya, bubur kacang hijau akan disajikan bersama ketan hitam. Sahabat Kili pasti udah gak asing dengan beras hitam kan? Kira-kira, sahabat Kili bisa gak ya membedakan beras hitam dengan ketan hitam?. Simak terus penjelasan kali ini, karena kita akan membahas perbedaan beras hitam dan ketan hitam.

1. Warna
Jika dilihat secara sekilas, kita akan kesulitan membedakan yang mana ketan hitam dan yang mana beras hitam. Tapi jika kamu melihatnya dengan cermat, kamu bisa melihat perbedaannya loh. Beras hitam berwarna hitam pekat di luar, dan hitam cerah saat dibelah. Ketan hitam berwarna hitam pucat di luarnya, dan berwarna putih saat dibelah.

2. Kandungan gizi
Kadar antosianin beras hitam berguna sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh yang jauh lebih tinggi dari ketan hitam. Karena dari itu, beras hitam cenderung lebih berkhasiat untuk kesehatan. Beras hitam juga bisa membantu melawan penyakit asam urat. Lalu, kandungan kalori pada beras hitam cenderung lebih rendah daripada ketan hitam. Sehingga cocok untuk menu makanan diet. Selain untuk menu makanan orang diet, beras hitam juga baik untuk penderita diabetes dan ternyata beras hitam juga memelihara ketahanan tubuh (meningkatkan imunitas tubuh) serta menyeimbangkan sistem organ dan hormon. selanjutnya adalah kandungan yang terdapat pada ketan hitam. selain dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh, ketan hitam juga dapat melawan kanker dan penyakit jantung karena kandungan antioksidan yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. selanjutnya, ketan hitam mengandung efek probiotik yang bak untuk kesehatan saluran pencernaan. lalu, ketan hitam mengandung zat besi untu mencegah anemia dan sebagai sumber protein untuk membentuk sel dan membangun berbaga jaringan tubuh.

3. Perbedaan tekstur saat dimasak
Ketan hitam cenderung memiliki tekstur lengket saat dimasak, sedangkan beras hitam cenderung lebih pera dan pulen atau tidak lengket.

4. Ukuran tanaman
Tanaman beras hitam biasanya tumbuh dengan tegap dan berukuran hingga mencapai 2 meter. Sedangkan ukuran tanaman ketan hitam hanya mencapai 30 – 60 cm.

5. Cara mengolah
Jika dimasak dengan takaran air yang sama dengan beras lainnya, beras hitam akan cenderung menjadi lebih keras. Maka dari itu, memasak beras hitam menggunakan rasio 1:2 dalam ukuran liter. Sedangkan memasak ketan hitam menggunakan rasio memasak beras lainnya.

Gimana Sahabat Kili?
sudah tau kan perbedaan beras hitam dan ketan hitam? Tertarik mencoba mengkonsumsi beras hitam karena beras hitam adalah beras sehat? Kalian bisa langsung order di Kili Kili Mart. Selain beras hitam, Kili Kili Mart juga menjual aneka beras organic lainnya seperti beras merah, beras cokelat, beras lurik dan masih banyak lagi. Terimakasih ya Sahabat Kili sudah menyimak pembahasan kali ini. Have a nice day!

Source : sayurbox.com, alodokter.com, ekafarm.com
Blog Post Lainnya
Media Sosial
Hubungi Kami
021-29119717
0858-8045-7475
0877-7766-0511
kilikilimart.info@gmail.com
Metode Pengiriman
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2020 Kili Kili Mart Inc.